Jumat, 18 Februari 2011

PEGAS SEDERHANA


MEMBUAT NERACA PEGAS SEDERHANA




1.      PENDAHULUAN

Di dalam fisika, kita akan banyak berhubungan dengan besaran. Besaran adalah segala sesuatu yang mempunyai nilai yang dapat dinyatakan dengan angka-angka. Untuk mencapai suati tujuan tertentu, di dalam fisika, kita biasanya melakukan pengamatan yang disertai dengan pengukuran. Pengamatan suatu gejala secara umum tidaklah lengkap apabila tidak di sertai data kuantitatif yang didapat dari hasil pengukuran.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan pengukuran. Salah satunya yaitu mengukur massa, dengan mempergunakan neraca pegas. Untuk mengetahui sistem kerja neraca pegas, maka kami terdorong untuk mencoba membuat sebuah ” neraca pegas sederhana ”.                                                                                 

2.      LANDASAN TEORI

Neraca pegas biasa disebut dinamometer adalah alat yang biasa digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Namun sebenarnya neraca pegas ini adalah alat ukur gaya.

Neraca pegas menggunakan prinsip kesetimbnagn gaya elastis pegas yang dinyatakan oleh persamaan :
                                             F = -k . Dx

Dimana k menyatakan konstanta pegas dan Dx menyatakan pertambahan panjang pegas. Neraca pegas pada umumnya menggunakan satuan Newton, namun ada juga yang menggunakan dua satuan sekaligus yaitu Newton dan Kg, sehingga alat ini dapat juga digunakan untuk mengukur massa suatu benda. (satuan massa Kg)

3.      PEMBAHASAN

a.      alat dan bahan
1.      kayu sebagai tiang dan perlengkapannya
2.      pegas
3.      gantungan
4.      anak timbangan
5.      kertas HVS
b.      langkah kerja
1.      menyiapkan alat dan bahan
2.      membuat tiang tempat untuk menggantung pegas dan tiang tempat menempel skala.
3.      menggantung pegas pada tiang serta menempel kertas skala pada tiang yang lain.
4.      pada keadaan pegas tanpa beban, tandai skala nol gram pada garis mendatar  kertas grafik yang berimpit dengan ujung pegas.
5.      menggantung anak timbangan 100 gram pada ujung pegas. Kemudian menandai skala 100 gram  pada garis mendatar kertas grafis, yang berimpit dengan ujung pegas.
6.      menghitung jarak dari angka nol sampai pada skala 100 gram.
7.      menuliskan skala-skala untuk kelipatan 100 gram, 200 gram sampai 1000 gram dengan menggunakan jarak yang diperoleh pada langkah no.6.


4.      KESIMPULAN

Untuk membuat neraca pegas sederhana tidak terlalu rumit, hanya membutuhkan sebuah pegas dan anak timbangan. Karena prinsip kerja neraca terletak pada pegas yang elastis serta anak timbangan yang digunakan untuk menentukan skala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar